Cara Upload/download File Pake FTP Client

Gw ga jago-jago banget tentang FTP (File Transfer Protocol) client, tapi tool ini sudah biasa gw pake untuk ngelola website. Mudah-mudahan berguna buat teman-teman yang belum ngerti menggunakan FTP client untuk upload/download file ke FTP Server.

Eniwei, tool ini, sangat mudah digunakan, sekali make bisa langsung ngerti, mirip-mirip kayak Windows Explorer aja. Gunanya nggak jauh dari transfer file dari local (kompie lu) ke server tujuan.

  1. Buka FTP client. Contoh yang gw pake di sini adalah Filezilla FTP client. Software ini sudah cukup mumpuni banget untuk urusan ini. Lu bisa download di http://filezilla-project.org/download.php?type=client.
  2. Ketikkan address FTP server yang mo di akses, username, dan password. Untuk address FTP server, gw kasih contoh misalnya lu dah punya/daftar domain dan hosting, misalnya www.rianology.com, jadi addressnya ftp.rianology.com. Trus selanjutnya klik Quickconnect.
    cara_upload_donlot_ftp01.jpg
  3. Kalo berhasil login akan tampil seperti ini.
    cara_upload_donlot_ftp02.jpg
  4. Tampilan Filezilla di sebelah kiri adalah local site, isinya direktori di komputer lu. Dan yang sebelah kanan remote site, yaitu remote site yaitu direktori yang ada di server yang lu akses (dlm hal ini contohnya rianology.com).
    cara_upload_donlot_ftp03.jpg
  5. Perlu diperhatikan supaya hati-hati dalam menghapus dan melakukan perubahan karena ga bisa di ulang/undo.
  6. Untuk mengupload, cari file yang mo diupload di local site, trus tinggal drag-drop ke remote site ke folder yang lu inginkan.
  7. Untuk men-download, cari file yang mo di-download di remote site, trus tinggal drag-drop ke local site ke folder yang lu inginkan.
  8. Gitu aja, gampang kan? Silakan mencoba.
Share!

    20 pemikiran pada “Cara Upload/download File Pake FTP Client

    1. kalo website PT saya d luar negeri, terus saya mau buat kloningan d PC saya biar bisa kutak katik gmn kk? saya dah bisa copy semua wordpress nya.. masalah nya database PhPmyadmin ny itu. maap masi newbie. ^^

      1. Kadang2 agak sedikit tricky. Dari hosting, semua file yg berkaitan dicopy, kemudian databasenya di dump/export. Di local, filenya dicopy ke htdocs misalnya, dan confignya perlu disesuaikan dengan webserver/db localnya. Kemudian databasenya di import.

    2. I found this blog on Google while searching for transferfile. I found a great offer on the net which is very relevant to this post. Check it out, you might find it very interesting.

    3. matur nuwun bos, baru pertama kali ni nyoba upload ke FTP server, googling.. eh… ketemu ini
      n langsung bisa

      sekali lagi matur tengkyu

    4. thank’s a lot…tulisannya sangat membantu…ditunggu tips dan trick yang lainnya …
      wabillahi taufik walhidayah…wassalamu’alaikum warrahmatullohi wabarokatu.

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *